Cara Mudah Cek Pajak Kendaraan di Samsat Online Signal

Cara Mudah Cek Pajak Kendaraan di Samsat Online Signal

Polri sedang menyiapkan langkah baru yang dapat digunakan oleh masyarakat, untuk cek pajak kendaraan dengan lebih enteng dan cepat. Mereka mengembangkan aplikasi khusus Samsat online, yang diberi nama Signal. Signal merupakan kependekan dari Samsat Digital Nasional, aplikasi ini hadir sebagai pengganti Samsat Online Nasional atau Samolnas, dan dirancang khusus untuk melakukan perbaikan lebih dari satu kekurangan serta kekeliruan yang tersedia di aplikasi sebelumnya. Kasubdit STNK Korlantas Polri, Kombes Muhammad Taslim Chaeruddin mengatakan, sistem uji cobalah udah digelar sejak 21 Juni dan aplikasi dapat diunduh melalui Google Play Store. Wilayah kerja Signal kala ini baru diterapkan di 15 provinsi Cek Pajak Kendaraan Online se-Indonesia .

Meski belum diluncurkan secara resmi, tapi Taslim mengaku bahwa hingga saaat ini respons penduduk pada aplikasi Signal memadai besar. Hal itu muncul dari jumlah pengunduh aplikasi tersebut. “Penggunaan signal dari hari ke hari tersedia peningkatan, walaupun kala ini tetap di dalam bagian uji coba,” ujarnya melalui pesan singkat yang di terima VIVA Otomotif, Selasa 24 Agustus 2021. Taslim menjelaskan, keliru satu kemudahan yang di tawarkan oleh aplikasi Signal adalah para pengguna dapat mengecek dan membayar pajak kendaraan bermotor meski hari libur. “Hari Sabtu kemarin tersedia 565 transaksi pembayaran PKB, Minggu 333 transaksi dan Senin 734 transaksi. Istimewanya, hari libur tetap dapat digunakan,” tuturnya.

Untuk memanfaatkan aplikasi tersebut, caranya tidak sulit. Pemilik kendaraan hanya mesti menyiapkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik, lantas dokumen itu difoto memanfaatkan aplikasi Signal. Setelah itu, verifikasi wajah melalui fitur kamera di aplikasi yang sama. Pastikan laksanakan sistem verifikasi di tempat yang tidak ramai dan penerangan cukup. Setelah selesai, membuka tautan di surat elektronik atau e mail agar semua transaksi yang nanti dilaksanakan dapat dikirim ke alamat tersebut sebagai arsip. Setelah itu, masukkan registrasi kendaraan bermotor yang dimiliki. Pemilik dapat tahu kapan masa pajaknya habis, serta laksanakan perpanjangan tahunan dengan membayar melalui lebih dari satu bank yang udah disediakan, yakni Mandiri, BNI, BRI dan BTN.

Leave a Comment